My Pride – Perwakilan Pramuka Jawa Barat menyertakan 4 tim untuk berpartisipasi dalam kegiatan Festival Citarum Harum (15/4) yang diprakarsi oleh Kodam III/Siliwangi. Tim Susur Sungai Pramuka Jabar dimotori oleh Jabar Scout Rescue  dengan memanfaatkan fasilitas yang dimilikinya.

Hal ini merupakan suatu bukti bahwa Program Citarum Harum semakin menarik perhatian dengan berbagai akivitas yang juga semakin banyak melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Seperti yang dapat kita saksikan di gelaran Festival Citarum Harum yang digelar selama 3 hari kemarin.

Menurut  Kolonel Inf Yudi Zanibar yang mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, “Awalnya ide festival ini menggelar festival Perahu Naga dan Menyusuri Sungai Citarum.” Waktu itu banyak yang menertawakan karena Sungai Citarum yang dijadikan venue dianggap kotor.

Namun di luar dugaan giat ini diapresiasi oleh ratusan peserta yang datang dari berbagai kalangan seperti komunitas pencinta olahraga air, atlet dayung, Tagana, Mahasiswa, Resimen Mahawarman dan juga masyarakat umum . Bahkan ada peserta yang berasal dari Cilacap, Jawa tengah, Lampung dan Palembang.

Para peserta yang jumlahnya lebuh dari 40 tim ini mengarung Sungai Citarum sejauh 5 kilometer mulai dari Cihaur Hapit dan berakhir di Bojongsoang.

Kesertaan empat Tim Pramuka Jabar di Festival Citarum Harum ini diharapkan jadi motivasi bagi Pramuka di 13 kota/kabupaten di Jawa Barat yang daerahnya dipengaruhi oleh keberadaan sungai terpanjang di Jabar tersebut. (My Pride/Pusinfo Pramuka Jabar).-

Leave a Reply