Kursus Navigasi Darat Meningkatkan Daya Jelajah

Pusinfo – Kursus Navigasi Darat Tahun 2018 baru saja ditutup oleh Kepala Pusdiklatda Kwarda Pramuka Jawa Barat Yana Suptiyana di Aula Pusdiklatda Bumi Perkemahan Kiarapayung, Sabtu 31 Maret lalu.

Giat ini berlangsung sejak 29 Maret 2018, diikuti oleh sedikitnya perwakilan 6 Kwarda di Indonesia yaiutu Kwarda Sumatra Barat, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Bali, Banten selain Kwarda Jabar itu sendiri.

“Kursus Navigasi Darat ini merupakan giat kursus yang khusus dan baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia,” Kata Ketua Panitia Pelasana, Agus Hendra.

Sebanyak 40 peserta dari berbagai daerah tersebut mengikuti sesi demi sesi dengan antusias.

“Kursus ini dimaksudkan agar para peserta dapat terampil menguasai pengetahuan berkaitan dengan navigasi darat sebagai dasar pengetahuan dalam penjelajahan,” kata Kak Bayu Tresna, intruktur di kursus tersebut. Materi yang diberikan mencakup  pemahaman dan pengetahuan navigasi darat mulai dari yang konvensional, menggunakan kompas, peta pita dan lain-lain sampai pemanfaatan teknologi kekinian, menggunakan aplikasi IT yang paling terjangkau,” lanjut Kak Bayu.

“Dengan memiliki kemampuan dan penguasaan navigasi darat ini kita bisa meningkatkan daya jelajah,” kata Kak Bayu lagi. “Kita tak perlu lagi ragu dalam melakukan penjelajahan, bahkan penjelejahan bisa terencana dengan lebih baik.”

Kursus Navigasi Darat Tahun 2018 ini dilaksanakan  dengan perbandingan 25 persen teori, 60 persen praktik lapangan dan selebihnya diskusi ata problem solving. (Pusinfo Pramuka Jabar).

Leave a Reply