Pramuka Peduli Kwarran Cipatujah Lepas Tukik ke Laut Bebas

Pusinfo – Pramuka dari Kwarran Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya berpatisipasi dalam pelepasan tukik,  di Pantai Pamayangsari,  Desa Cikawungading, Kec. Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Minggu (26/11/17). Pelepasan tukik yang kelak menjadi penyu ini merupakan salah satu upaya melestarikan hewan laut yang dilindungi.

Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya bergabung dan bekerjasama dengan Balai Konservasi Penyu Sindangkerta Kec. Cipatujah, BPBD, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),  Saka Wanabakti dan juga kelembagaan lingkungan hidup lainnya.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Kab.  Tasikmalaya Kak E.  Koswara mengatakan “Pramuka Peduli melalui bidang Pelestarian Lingkungan Hidup ikut serta menjaga kelestarian penyu hijau, yang merupakan hewan langka dan dilindungi, secara langsung mengajarkan kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.”

Selain itu menurut salah seorang Relawan BPBD Kab. Tasikmalaya,  Rahmat, “Saya, sangat bangga, dengan adanya Pramuka Peduli menambah sahabat baru ikut serta cinta alam. Hal ini   menjadi motivasi bagi yg lain untuk melestrikan alam, menjaga lingkungan penyu yang dilindungi. Disini terdapat Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing. Yang merupakan hewan hewan langka yang perlu kita jaga dan lestarikan keberadaannya.” Sedikitnya ada 100 ekor tukik yang dilepaskan ke laut bebas oleh Pramuka.

Semoga dengan adanya kegiatan ini semua orang semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. (Pusinfo Pramuka Jabar/Yana M).-

Leave a Reply