Pramuka Harus Jadi Pionir Pembangunan Karakter di Lingkungannya

Pusinfo – Dewasa ini  individualistis semakin menonjol, tapi tidak untuk Pramuka. Karena hal-hal yang berkaitan dengan etika sudah diterapkan sejak dulu di Pramuka.

“Penguatan karakter bangsa berarti membangun diri kita sendiri  agar menjadi figur nasionalis, dan karakter tersebut wajib dimiliki setiap jiwa anggota Pramuka. Contoh kecilnya yaitu bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sesama.” Begitu kata Dr. H. Bulgan Alamin,  sebagai ahli kepemudaan dan pembangunan karater pada acara Pelatihan Wirausaha Bagi Jurnalis dan Pemuda dalam Membangun Bangsa di Hotel Naripan, Bandung Jumat (24/11/17).

Indonesia kaya akan sumber daya alam, sebagai anggota Pramuka harus mandiri, jangan mau jadi pembantu di rumah sendiri. Pramuka lah yang mengambil peran, karena Pramuka mempunyai jiwa netral dalam artian sikap nasionalisme melalui aktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Pramuka juga harus menjadi pionir di lingkungannya.

Menurut Bulgan Alamin, karakter Pemuda Indonesia yaitu tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, toleran, gotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya dan berorientasi IPTEK  berdasarkan Pancasila dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Pusinfo Pramuka Jabar/Endah/Foto: Roni).-

 

 

Leave a Reply